Fine Chocolate : Coklat Alfredo

Hello Chocolics 🍫
Happy Sunshine 🌞
Bagaimana kabarmu hari ini? Bagaimana revolusimu tentang 2020?
Dimulai dari bersyukur ya teman-teman 🙂

Pada tulisan ini saya akan mereview tentang Coklat Hitam Alfredo, sebagian orang mengenal coklat ini dalam bentuk jar, namun saya akan mereview dalam bungkusan karton. Coklat ini dibeli dari Malaysia dengan harga 14 Ringgit atau kurang lebih Rp 50.000 tergantung pada setiap toko yang menjualnya, Coklat Alfredo yang saya review pada tulisan ada dua jenis yaitu Alfredo Fine Milk & Dark Choc Coklat dan Alfredo Fine Dark Choc Coklat dengan berat 110 g. Coklat Alfredo Fine atau Fine Chocolate adalah coklat halus yang memiliki tekstur lembut dengan kadar kakao tinggi dan kadar gula yang rendah.

Coklat Alfredo Fine memiliki beberapa varian yaitu ; Alfredo Fine Milk & White Choc Coklat dengan kotak karton berwarna hijau, Alfredo Fine Dark & White Choc Coklat dengan kotak karton berwarna biru, Alfredo Fine Milk & Dark Choc Coklat dengan kotak karton berwarna merah, Alfredo Fine Milk Choc Coklat dengan kotak karton berwarna emas, dan Alfredo Fine Dark Choc Coklat dengan kotak karton berwarna coklat.

Coklat Alfredo dengan jenis ini dibungkus dengan plastik yang rapat lalu dikemas dengan karton berbentuk kotak dengan ukuran 21,5 x 16,5 cm, cara membukanya seperti membuka kotak cincin, kemasannya bagus dan rapih. Saat dibuka kotak coklatnya ada bubble wrap sebagai penahan agar coklatnya tidak goyah dari tempatnya, saat diambil bubble wrapnya dapat dilihat bahwa coklat masih dibungkus plastik dikarenakan coklat disusun dalam sebuah mika berbentuk sama dengan bentukan coklatnya, bentuk coklatnya unik sangat cocok disajikan untuk Hari Raya. Bentuk Fine Chocolate ini berbentuk macam-macam seperti agar-agar, ada bulat, trapesium, jajargenjang, persegi miring, segi enam. Jumlah coklatnya per kotak dengan berat 110 g ada 18 biji coklat.

Coklat Alfredo Fine Milk & Dark Choc Coklat

Aroma coklat varian ini memiliki aroma susu, aromanya dapat ditebak dari judul coklatnya. Aromanya cukup kuat menarik perhatian anak kecil yang ingin mencicipinya. Tekstur coklatnya juga sangat lembut, ketika menggigitnya langsung melebur di mulut dan rasanya manis. Kekurangan coklat ini pada saat saya mencoba mendiamkan pada suhu luar ruangan ternyata sedikit meleleh, coklat varian ini tidak bisa dibawa dalam luar ruangan cukup lama, ini diduga karena bahannya tak sepenuh dari coklat namun susu.

Komposisi coklatnya mengandung gula, mentega kakao, susu bubuk penuh krim, massa kakao, pengemulsi, dan vanillin. Kandungan gula hanya 8g namun coklat ini sudah dicampur dengan susu bubuk penuh krim yang menyebabkan rasa manis tercipta yang dikuatkan dengan adanya tambahan vanillin dan kandungan gula 8g. Kandungan energinya cukup rendah yaitu 110 kkal.

Coklat Alfredo Fine Dark Choc Coklat

Aroma coklatnya seperti aroma coklat pada umumnya, aroma manis khas coklat. Teksturnya keras dan tidak mudah remah, hati-hati dalam menggigitnya karena campuran coklatnya terlalu padat, saya tidak menyarankan bagi orang tua yang sudah berumur untuk memakannya, saya yang masih muda saja menganggap coklat ini di gigi saya kurang nyaman padahal ini fine chocolate. Kelebihan coklat ini, bahwa coklat ini adalah coklat hitam yang memiliki rasa asli coklat yaitu ada rasa pahit. Coklat ini tahan pada suhu luar ruangan dan cocok dimakan sebagai teman perjalanan tapi tidak cocok dimakan saat kesal karena tekstur coklatnya yang keras.

Komposisi coklat varian ini mengandung massa kakao, gula, mentega kakao, pengemulsi, dan vanillin. Berdasarkan kandungannya bahwa ini memang coklat hitam dan pas bagi penikmat coklat hitam. Kandungan energinya cukup tinggi yaitu 620 kkal.

Kesimpulan :

Dua varian yang saya coba dari Coklat Alfredo Fine Chocolate bahwa rasa, tampilan dan teksturnya tidak beda jauh dengan kemasan jar, bedanya hanya pada kemasan bentuknya lebih unik dan menarik perhatian. Coklat ini tidak mengandung gula cukup tinggi dan aman bagi yang sedang diet. Tekstur pada coklat hitam memang padat karena tidak ada campuran susu bubuk yang membuatnya lembut, Coklat Alfredo Fine Chocolate menggunakan pengemulsi dengan Bahan Lesitin Kedelai E322 yang berarti mengandung Potassium citrates yang berarti coklat ini adalah Halal. Coklat Alfredo ini cocok sebagai Hadiah Hari Raya, semoga kamu juga menikmati seperti saya 🙂

Selamat Menyambut Tahun Baru 2020 🙂

%d bloggers like this: